Khawatir Penipuan Online? Gunakan Sistem Escrow

http://sayangberbagi.blogspot.com/2014/12/khawatir-penipuan-online-gunakan-sistem.html
Meski perkembangan internet di Indonesia turut memicu perkembangan industri e-commerce, ternyata hal tersebut dianggap oleh beberapa kalangan masih belum maksimal. Salah satunya penyebabnya justru tidak ada kaitannya dengan keterbatasan teknologi yang dialami selama ini, melainkan kenyataan bahwa transaksi online masih sulit untuk berlangsung dengan asas kepercayaan (trust-based).

Berbeda dengan situs belanja populer seperti Ebay dan Amazon yang mengedepankan asas kepercayaan dan kini sudah semakin menggurita. Di Indonesia asas kepercayaan masih sulit untuk dijadikan satu-satunya acuan. Oleh karena itu, muncullah metode transaksi rekening bersama (rekber) yang mengadaptasi sistem escrow yang lebih dulu dikenal di luar negeri.

Sistem ini pertama kali dikenal di Indonesia melalui Kaskus. Ketika itu, forum jual-beli milik situs yang didirikan oleh Andrew Darwis itu mulai mencuat, namun juga dibarengi maraknya tindak penipuan. Sayangnya, hal tersebut tidak membuat Kaskus menyediakan sistem transaksi rekber resmi. Alih-alih, mereka justru keukeuh dengan sistem Kaspay yang disambut dingin para Kaskuser.

Beberapa tahun kemudian, banyak situs jual-beli online yang menggunakan metode rekber tersebut, sebut saja Tokopedia dan Bukalapak. Bahkan, keduanya mewajibkan para pengguna untuk bertransaksi menggunakan metode rekber dengan maksud mengindari penipuan online yang mungkin terjadi. Akhirnya, penjual dan pembeli bisa bertransaksi dengan aman dan nyaman, tanpa prasangka.

Komentar