-->

Marak Penipuan Penipuan, Ini Cara Menghindarinya

http://sayangberbagi.blogspot.com/2014/12/marak-penipuan-penipuan-ini-cara.html
Transaksi daring (online) bisa dibilang belum bebas dari penipuan. Tak sedikit pengguna internet akhirnya menulis surat pembaca mengeluhkan bahwa dirinya merasa ditipu setelah melakukan transaksi di situs-situs tertentu. Untuk itu berikut beberapa cara untuk menghindarkan diri dari penipuan transaksi online yang masih kerap terjadi.

Kredibilitas
Memilih situs dan penjual yang memiliki kredibilitas di tatanan transaksi online adalah salah satu langkah awal yang baik sebelum melakukan transaksi.

Kendalikan nafsu
Tawaran harga barang yang lebih murah seringkali membuat banyak orang alpa terhadap aspek keamanan transaksi. Kendalikan hasrat belanja dan jangan mudah tergiur dengan harga yang tidak masuk akal. Selain itu, ada baiknya membaca deskripsi barang dengan baik agar tidak kecewa belakangan.

Sistem pembayaran yang dianjurkan
Beberapa situs dengan kredibilitas baik, seperti Bukalapak.com, mewajibkan seluruh transaksi menggunakan BL Payment System dengan alasan keamanan. Jadi, uang dari pembeli baru akan dialnjutkan ke penjual setelah barang diterima oleh pembeli.

Simpan bukti transaksi
Ada baiknya segala bukti transaksi disimpan hingga barang diterima karena akan berguna jika kelak terjadi hal yang tidak diinginkan dalam proses transaksi. Berikut Cara Menghindari Penipuan, Semoga bermanfaat

Click to comment