-->

Cari Rekomendasi Sebelum Berbelanja Online

http://sayangberbagi.blogspot.com/2014/12/cari-rekomendasi-sebelum-berbelanja.html
Asyiknya belanja secara daring (online) sangat menarik minat siapa pun, tak peduli apakah ia masyarakat kelas bawah, kelas menengah, atau pun justru kaum-kaum borjuis. Namun, seringkali mereka terkecoh dengan harga murah yang ditawarkan dalam sebuah iklan di situs-situs tertentu. Akibatnya, mereka menjadi korban penipuan online.

Para calon pembeli yang menjadi korban penipuan online biasanya adalah “anak baru” dalam hal bertransaksi di internet. Mereka masih lugu dan tampak mudah tergiur dengan tawaran harga murah yang menjurus tidak masuk akal, meski dalam realitanya tidak menutup kemungkinan, orang yang sudah beratus kali bertransaksi pun bisa menjadi korban penipuan.

Salah satu cara bagi siapa pun untuk terhindar dari tindak penipuan online sebenarnya cukup mudah. Mintalah rekomendasi kepada kerabat, kolega, atau siapa pun yang Anda anggap sudah makan asam garam di dunia transaksi online. Walaupun itu tidak memberikan jaminan 100 persen bahwa Anda tidak akan tertipu, setidaknya rekomendasi dari kerabat bisa meningkatkan rasio ketepatan Anda dalam memilih situs hingga penjual yang bereputasi baik.

Untuk situs forum-jual beli seperti Kaskus, rekomendasi adalah syarat penting sebelum melakukan transaksi langsung dengan penjual. Terkadang, seorang oknum penipu yang menyamar sebagai penjual rela untuk membuat testimoni-testimoni palsu untuk meningkatkan reputasi mereka. Jika berhadapan dengan penjual seperti itu, hindarilah segera.

Click to comment