3 Langkah Mudah Rawat Kipas Angin

Memasuki musim panas, kita memerlukan penyejuk ruangan yang bisa mengusir udara panas. Kita bisa memilih antara kipas angin atau air conditioner (AC) untuk membuat ruangan jadi lebih sejuk. Untuk menghemat biaya, kipas angin adalah solusi tepat. Harganya memang tergolong lebih murah ketimbang AC dan kemampuannya pun tak kalah juga.

Jika Anda memiliki kipas angin di rumah dan digunakan hampir setiap hari, tentu benda tersebut perlu dibersihkan dan dirawat. Untuk merawat alat elektronik ini, perhatikan 3 langkah mudah rawat kipas angin berikut ini. Dengan rajin merawatnya, Anda akan tetap memiliki kipas angin yang sama seperti ketika pertama kali membelinya di toko elektronik.

1. Bersihkan kipas
Jangan tunggu sampai debu di kipas menumpuk dan membuat kipas jadi macet. Bersihkanlah dengan bantuan kuas. Anda juga bisa mencuci dengan air dan sabun, namun terlebih dulu lepas semua bagian kipas. Bagian yang perlu Anda cuci adalah baling-baling, serta penutup kipas depan dan belakang. Jangan mencuci dinamo kipas.

2. Beri pelumas pada bagian poros dinamo
Untuk melindungi lapisan chrome poros dan tak timbul gesekan, lakukan pelumasan pada bagian poros dinamo.

3. Cek nilai kapasitor
Cek nilai kapasitor kipas secara berkala. Caranya, lepas kabel kapasitor yang ada pada lilitan dinamo. Jika tak ada, potong kabel kapasitornya dan lakukan pengecekan menggunakan avometer skala 1K atau bisa juga dengan kapasitor meter jika ingin mendapatkan hasil yang lebih teliti. Jika nilai kapasitor yang terpampang tidak sesuai atau berkurang, segera ganti dengan kapasitor dengan nilai yang sama.

Memiliki produk elektronik yang awet dan berumur panjang adalah idaman semua orang. Untuk itu rajin-rajinlah merawatnya.

Sumber; http://www.aktivitasrutin.com/teknologi/

Komentar